Wednesday, 9 December 2015

Daun Kemangi Penawar Kencing Manis.

Assalamualaikum,

Rakan2 blogger, pengunjung2 Kakmah yang di kasihi,
Alhamdulillah kakmah kembali bersiaran dipetang yang
permai ini dengan tajuk Daun Kemangi Penawar Kencing Manis.


Minggu lepas kakmah ada terbaca satu artikel yang mengatakan
daun kemangi ini berfungsi untuk mengawal glukose dalam darah
kerana daun ini mengandungi insulin semulajadi.

Jadi kakmah google2 terjumpalah beberapa blog dan website
khusus mengenai khasiat daun kemangi ini untuk merawat dan
mengawal kencing manis.

Ini kakmah copy paste diantara artikel yang berkaitan
dari website ini :

Silalah ke laman ini kalau nak baca lebih lanjut.

Sekilas tentang Kemangi

Kemangi (Ocimum sanctum) merupakan tanaman obat diabetes alami yang berasal dari India yang termasuk ke dalam herbal Ayurvedic. Namun kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh dunia dan mulai populer digunakan sebagai obat kencing manis alami. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, yaitu daun, batang, biji dan minyaknya.
Meski mulai populer digunakan sebagai obat alami diabetes melitus, kemangi tetap lebih sering digunakan sebagai sayuran pelengkap. Selain itu, ia juga biasanya lebih populer sebagai campuran jamu tradisional. Pemanfaatan lainnya juga termasuk untuk mengurangi bau mulut dan bau badan.

Kemangi Dapat Mencegah Komplikasi Kardiovaskular

Pemanfaatan kemangi untuk mengobati diabetes secara alami sebenarnya dapat memberikan beberapa khasiat. Khasiat tersebut meliputi meningkatkan sekresi insulin, menurunkan gula darah dan mencegah komplikasi, khususnya komplikasi diabetes yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.
Seperti diketahui, penderita diabetes akan lebih rentan mengalami komplikasi kardiovaskular, seperti penyakit jantung, akibat gula darahnya yang fluktuatif. Dalam hal ini, ketika gula darah mengalami lonjakan, maka pembuluh darah akan sangat rentan mengalami penyumbatan yang kemudian meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat tersebut dapat membuat penderita semakin berpotensi untuk mengalami stroke dan serangan jantung. Sementara itu, penyumbatan pembuluh darah akan semakin meningkatkan resiko kedua penyakit tersebut selain mempengaruhi organ vital lainnya.

Dengan mengetahui dampak negatif dari lonjakan gula darah yang dialami oleh penderita diabetes tersebut, maka khasiat kemangi dalam hal mencegah komplikasi kardiovaskular tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Meski demikian, khasiatnya tersebut hendaknya tidak disalahartikan dengan mengobati total penyakit gula darah yang diderita. Dalam hal ini, pengobatan diabetes secara alami dengan memanfaatkan kemangi hanya bertujuan untuk menurunkan gula darah penderita. Dengan begitu, resiko terkena komplikasi dapat dikurangi.

Kemangi Dapat Meningkatkan Sekresi Insulin

Penyembuhan diabetes secara alami dengan kemangi terbukti dapat meningkatkan sekresi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini berdasarkan pada salah satu pernyataan seorang ahli, Laura Shane-Mcwhorter, dalam bukunya yang berjudul The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan guna memperkuat hasil penelitian Laura tersebut.
Semuga kita mendapat sedikit menafaat dari entry ini
Wassalam.

No comments:

Post a Comment